RSS

Mengendalikan Mimpi

30 Jan

Kesadaran dalam mimpi terdiri dari beberapa tingkatan : 

  1. Setengah Sadar    ( hanya menyadari kalau sedang bermimpi namun belum bisa menggunakan logika )
  2. Kesadaran Penuh ( dapat mengubah serta mengendalikan mimpi )
  3. Kesadaran Tinggi  ( merasa lebih hidup daripada saat berada didunia realitas/ merasakan indera yang lebih tajam dari seharusnya )

Mimpi yang dialami oleh manusia dikelompokan menjadi :

1.  Daydream
Mimpi di siang hari dan tidak terjadi saat tidur namun saat tidak sepenuhnya terjaga. Daydream terjadi karena
aktifitas otak yang naik turun, antara gelombang beta dan alfa sehingga aktifitas bawah sadar sedikit naik.

2.  Normal Dream
Mimpi yang dialami setiap malam dan memungkinkan berkembang menjadi Lucid Dream, nightmares, atau vivid dream.

3. Lucid Dream
Adalah keadaan sadar saat kita sedang bermimpi, kadang mengalami false awakening – saat kita merasa sudah terbangun dan beranjak dari tempat tidur padahal kita masih berada di alam mimpi. Durasi lucid dream tidak akan lebih dari 120 menit.

4. Nightmares
Atau lebih dikenal sebagai mimpi buruk; terasa nyata, tidak dapat dikendalikan dan bukan bagian dari Lucid dream. Rasa sakit dan emosi yang didapat biasanya terproyeksi dari pikiran dan menimbulkan perasaan yang membekas saat terbangun.

5. Vivid Dreams
Mimpi yang terasa nyata sehingga akan merasa bahwa itu bukan mimpi. Vivid dream sangat mudah menjadi Nightmares namun sulit menjadi Lucid dream karena kejelasan dan kesan mendalam yang dimilikinya. Biasanya vivid dreams dipengaruhi oleh emosi sehari- hari/ karena trauma yang dimiliki dan terus membekas. Meminum segelas susu ((terutama nabati) atau mengonsumsi makanan tinggi protein sebelum beranjak tidur akan mengurangi efek vivid dreams.

6. High Lucid Dream
Apabila seseorang dapat mengubah vivid dreams menjadi lucid dreams dengan cepat akan mendapatkan suatu fenomena satu tingkat diatas Lucid Dream dengan pengendalian dan rasa sensoris yang lebih kuat daripada Lucid dreams biasa.

Sekarang kita akan membahas LUCID DREAMS

mimpi 2Dengan melatih Lucid Dream dapat meningkatkan memori dan kreatifitas secara tajam pada otak dengan cara alami, meningkatkan kinerja dan mood positif sehari- hari. Dalam suatu fase tertentu Lucid dream dapat menghasilkan banyak hal yang bisa saja berhubungan dengan mistis, precognition dan lainnya.

Ada beberapa kasus saat berlatih Lucid dream akan mengalami sleep paralysis dimana kondisi tubuh tidak bisa bergerak dan biasanya ada sensasi seperti tertindih, tidak bisa bernafas, berputar dan terjatuh, mendengar suara aneh dan lain sebagainya. Namun hal ini termasuk proses wajar dan aman karena merupakan gejala alami siklus tidur yang biasanya hanya berlangsung maksimal 10 detik.

Berikut adalah 4 tahapan dalam melatih lucid Dream :

  1. Merileksasikan diri, membebaskan diri dari pikiran sehari- hari, berbaring di tempat tidur dengan nyaman dan tanamkan bahwa “Saya akan melakukan lucid Dream”. Jika sudah merasa nyaman dan rileks, pejamkan mata.
  2. Visualisasikan hal yang sangat sederhana dan tidak membawa emosi pada pikiran, misalnya sebuah gradasi warna atau titik hitam. Lakukan langkah tidur sperti biasa, namun tetap pertahankan kesadaran dengan tetap mengingat apa yang telah divisualisasikan tadi. Tetap jaga kesadaran, meski perlahan- lahan masuk ke  alam  mimpi.
  3. Setelah ini, otot kaki akan mengejang sesaat, lalu mengendur, rahang semakin tidak bertenaga, namun  tetap usahakan mempertahankan kesadaran. (Bisa juga terjadi Sleep Paraylsis). Yang kemudian akan mengalami  Blackout (keadaan gelap sesaat) dan siap memasuki Lucid Dream.
  4. Biasanya dalam kondisi seperti ini akan tersadar dalam keadaan berdiri di suatu tempat, baik dengan latar belakang yang sudah di setting sebelumnya atau belum, Amati sekeliling dan coba menggerakan mereka dengan pikiran, apabila berhasil maka sudah masuk dalam fase pengendalian lucid dream.

Mimpi adalah sebuah imajinasi yang dapat direalisasikan menjadi sebuah kenyataan ~  Alexander Feng

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 30, 2015 in Life, Spiritual

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 responses to “Mengendalikan Mimpi

  1. Iriana

    Februari 3, 2015 at 11:05 am

    mantap, aku kemarin praktik lgs bisa lucid dream, walaupun baru awalnya saja 🙂

    Disukai oleh 1 orang

     
    • sinta

      Februari 11, 2019 at 4:43 pm

      Bagaimana cara menghentikan lucid dream ?

      Suka

       
      • Konsultasi Spiritual

        Februari 20, 2019 at 5:14 pm

        @sinta jangan takut dan pasrah, kalau ingin menghentikan dengan paksa dengan keinginan yang kuat kalau anda sudah menghentikan lucid dream ini…

        Suka

         
    • Konsultasi Spiritual

      Februari 20, 2019 at 5:13 pm

      semoga bermanfaat dan terus berlatih

      Suka

       

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: