RSS

Berlatih Meditasi

29 Sep

Woman Meditating at the Beach --- Image by © Michael A. Keller/CorbisSelain kaya manfaat, teknik meditasi juga bisa dipelajari dengan mudah, bagaimana caranya?

Meditasi merupakan salah satu cara baik menenangkan diri sekaligus mengatasi beragam gangguan. Studi- studi mengklaim bahwa teknik relaksasi ini bisa meredakan depresi, menurunkan tekanan darah, mengatasi rasa sakit kronis dan meningkatkan konsentrasi.

Tradisi meditasi bermacam- macam dari tradisi timur, barat, keagamaan dan secular. Akan tetapi, sebagian besar meditasi melibatkan empat teknik berikut:

Menggunakan Fokus Teknik pertama adalah belajar untuk focus dan berkonsentrasi. Dengan melatih piikiran untuk focus pada satu objek (seperti sebuah lilin, tarikan napas, atau gerakan seperti jalan) anda menjadi sadar akan pola pikiran- pikiran normal yang tidak terkontrol. Pada akhirnya, anda akan belajar untuk rileks dan menenangkan pikiran. Ini merupakan awal yang baik dan penting sebagai dasar untuk meditasi selanjutnya.

Menggunakan Kehati-hatian (Mindfulness) Teknik kedua adalah belajar mengenai diri anda dan dunia ini di sekeliling anda. Anda menjadi sadar akan isi pikiran dan perasaan- perasaan halus dalam tubuh anda. Kemudian anda mulai mengamati kebiasaan dan pola mental yang akan membawa anda kembali kedalam kehidupan. Melalui proses ini, anda bellajar menghadirkan mental, menyadari apa yang sedang dilakukan dan dipikirkan. Selain itu, anda juga menyadari dunia di sekeliling anda sambil mempertahankan sikap tidak menghakimi dan penuh belas kasih.

Menggunakan Topik Cara ketiga untuk bermeditasi adalah merenungkan topic. Orang- orang Kristen awal misalnya, merenungkan bagian dari Kitab Perjanjian Baru, sedang warga Budha Tibet merenungkan topic seperti belas kasih. Selain itu masyarakat spiritual dari semua tradisi timur dan barat seringkali merenungkan kematian untuk membantu mengenali kualitas sekilas dan sifat mulia kehidupan manusia.

Menggunakan Indera Teknik meditasi berikutnya melibatkan indera. Sebagai contoh, dengan menggunakan indera pendengaran dan suara anda, anda bisa menyanyikan atau menggunakan mantra dan medengarkan music dan suara alam.

Cara Melatih :

Rilekskan Tubuh Relaksasi mengurangi stress dan mempersiapkan anda melakukan meditasi. Biokimia tubuh memberikan respon yang sama terhaadap ancaman nyata atau bayangan, melepaskan zat kimia ke dalam aliran darah untuk menyampaikan informasi agar tubuh dan otak bersiap- siap menghadapi bahaya.

Tarik napas lebih dalam Anda diaturkan menggunakan pernapasan perut, pernapasan perut focus dalam menggunakan diafragma untuk melebarkan dan mengontraksikan perut. Hal ini akan membantu memperdalam napas. Cobalah latihan ini untuk meredam stress dan kemarahan.

Duduk untuk bermeditasi Saat bermeditasi anda bisa duduk diatas kursi, menyilangkan kaki diatas bantal. Untuk bisa bertahan lama dalam sikap duduk, biasanya kebanyakan pelaku spiritual menggunakan sikap duduk teratai.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 29, 2014 inci Life, Spiritual

 

Tag: , , , , , , , , , ,

Let's discuss with another...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: